Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya

Pengertian Perangkat Keras Komputer

perangkat keras komputer

Perangkat keras komputer atau yang sering kita dengar dengan istilah lainnya adalah hardware komputer adalah komponen-komponen yang bisa diraba dan terlihat secara visual wujud fisiknya yang kemudian dirangkai dan dirakit satu sama lain sebagai satu kesatuan sistem Personal Computer (PC).

Hardware-hardware komputer ini ibarat sebuah mesin yang akan bekerja untuk menjalankan fungsi dan tujuan dari sebuah sistem komputer.

Jenis-jenis Perangkat Keras Komputer

Berdasarkan fungsi-fungsi utama nya, hardware komputer dibagi menjadi 4 jenis.

  1. Perangkat keras input

    Perangkat keras input berfungsi untuk memasukkan data kedalam komputer berupa instruksi-instruksi dari user (human) yang harus dijalankan oleh sebuah sistem komputer.
    Contoh : Keyboard, Mouse, Scanner, Microphone, Pentab,dsb

  2. Perangkat keras output

    Perangkat keras output berfungsi untuk menampilkan data yang sudah diproses oleh sistem komputasi komputer. Baik itu dihasilkan dalam bentuk tampilan visual, audio, maupun keluaran dalam bentuk cetakan.
    Contoh : Monitor, Printer, Speaker, Proyektor.

  3. Perangkat keras penyimpanan (storage)

    Perangkat keras storage berfungsi sebagai media penyimpanan data, baik itu yang sifatnya sementara (volatile) maupun permanen (non-volatile) selama proses pengolahan data dalam sebuah sistem komputer.
    Contoh : RAM (Random Access Memory), HardDisk Drive (HDD) , Solid-State Disk (SSD), USB Flash Disk

  4. Perangkat keras pemrosesan (processing)

    Perangkat keras pemrosesan berfungsi sebagai perangkat yang melakukan kerja utama dalam sebuah sistem komputer, yaitu memproses, mengolah , dan mengkomputasi data yang didapat dari input agar bisa menjadi output operasional yang diinginkan.
    Contoh : Motherboard, CPU, Graphic Card (VGA Card), Kartu Suara (Sound Card)

  5. Perangkat keras kelistrikan (power)

    Perangkat keras kelistrikan ini bertanggungjawab dalam memastikan ketersediaan dan ke stabilan arus listrik (power) yang akan dialirkan kedalam sebuah sistem komputer.
    Contoh : Power Supply Unit (PSU), Uniterruptable Power Supply (UPS), Stabilizer (Stavolt)

Selain dikategorikan berdasarkan fungsinya seperti diatas, hardware komputer juga dibagi menjadi dua jenis berdasarkan letak posisinya, yaitu yang pertama adalah perangkat-perangkat yang berada di dalam casing dan yang kedua adalah perangkat-perangkat yang berada di luar casing.

Apa Saja Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya?

Berikut adalah beberapa macam hardware komputer yang lazim kita temui pada sebuah sistem personal komputer:

Central Processing Unit (CPU)

CPU atau yang biasa juga kita kenal dengan istilah “processor” adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai “otak” dari sebuah sistem komputer. Bentuknya biasanya berupa komponen circuit persegi berukuran kecil.

Fungsi utama dari CPU adalah melakukan operasi logika dan aritmatika khususnya ketika menerima data dari memori atau beberapa hardware lainnya. Jika diibaratkan, central processing unit bekerja seperti kalkulator dengan pemrosesan berbagai instruksi atau perintah yang lebih kompleks.

Dua merk produsen CPU yang mendominasi jenis produk CPU adalah Intel dan AMD. Masing-masing processor intel maupun processor AMD mempunya beragam lini produk yang berbeda sesuai fungsi dan kebutuhan penggunaan nya.

Motherboard (papan utama)

motherboardMotherboard /mainboard adalah komponen utama yang membangun sebuah komputer. Bentuknya berupa papan circuit yang dilengkapi chip bios dan jalur penghubung akses untuk tiap-tiap perangkat.

Banyak sekali komponen elektronika melekat pada mainboard dan motherboard juga memiliki berbagai slot atau port yang fungsi nya untuk menghubungkan perangkat keras lain , sehingga menjadi kesatuan sistem perangkat yang saling bekerjasama.

Fungsinya sebagai hub penghubung dari seluruh komponen PC . Perangkat keras komputer lain umumnya melekat langsung pada slot /port motherboard atau setidaknya dihubungkan dengan menggunakan kabel.

Random Access Memory (RAM)

RAMFungsi dari RAM adalah sebagai media penyimpanan data sementara untuk komputasi yang tengah dijalankan oleh CPU. RAM mempunyai sifat volatile, artinya perangkat ini menyimpan data secara sementara dan tidak permanen, sebatas hanya untuk yang dibutuhkan oleh operasional komputasi yang sedang berjalan.

Kapasitas RAM pada komputer modern biasanya diukur dengan satuan GigaBytes (GB), dan besarnya beragam mulai dari 4GB – 32 GB.

 

Graphic Card / VGA Card

Graphic CardGraphic Card atau sering disebut dengan istilah VGA card atau kartu grafis adalah perangkat keras yang terdiri dari chip-chip pemrosesan yang mempunyai fungsi kerja sebagai pengolah data citra atau gambar visual yang untuk selanjutnya data-data grafis tersebut dikirimkan dari PC menuju perangkat display output seperti monitor atau proyektor.

Kartu grafis ini dipasangkan melalui sebuah slot PCI pada motherboard, namun ada pula sistem komputer yang mempunyai chip pengolah grafis yang terintegrasi (integrated graphic chip) pada CPU (Processornya).

 

Hard Disk Drive (HDD)

Hard DiskHard disk adalah sebuah perangkat elektromekanikal yang menggunakan kepingan cakram penyimpanan magnetik yang berfungsi untuk menyimpan dan mengambil data digital pada sebuah sistem komputer. Semua program baik aplikasi, dokumen, maupun sistem operasi (operating system) disimpan secara persisten dan diakses melalui perangkat hard-disk ini.

 

Solid State Drive (SSD)

SSDSSD adalah sebuah perangkat keras komputer yang fungsinya sama seperti hard-disk, yaitu sebagai tempat menyimpan dan mengambil data pada komputer. Yang membedakannya dengan hard-disk terletak pada teknologi nya yang lebih modern.

Jika pada hard-disk menggunakan plat cakram magnetik, maka pada SSD digunakan komponen memori flash yang memungkinkan penyimpanan dan akses data dengan kecepatan yang jauh lebih kencang dibandingkan dengan hard-disk biasa.

 

Power Supply Unit (PSU)

Sebagaimana perangkat elekronik lainnya, komputer juga membutuhkan aliran listrik sebagai sumber energi untuk melakukan kegiatan komputasi nya. Power Supply Unit (PSU) ini berfungsi sebagai penyalur dan converter energi listrik dari outlet sumber berupa arus AC (misalnya aliran listrik dari PLN) menjadi arus DC agar dapat digunakan sebagai sumber energi untuk berbagai komponen komputer yang berada di dalam casing seperti motherboard, CPU, RAM, dll.

Yang lazim kita temui, perangkat PSU ini ditempatkan di bagian belakang dari casing komputer, dan pada unit PSU modern , didalamnya juga terdapat komponen pengatur voltase terintegrasi sehingga bisa sekaligus sebagai voltage stabilizer untuk perangkat keras komputer yang lain.

 

Sound Card (Kartu Suara)

Sound CardSound card adalah perangkat keras yang berfungsi sebagai pengolah data komputer yang berupa data audio (suara). Terdengarnya audio melalui media speaker ataupun headset dan masuknya data audi melalui microphone adalah hasil kerja dari perangkat sound card ini.

Sama seperti halnya kartu grafis, kartu suara ini juga terhubung dengan motherboard dengan memanfatkan slot PCI yang terdapat pada motherboard. Namun di pasaran, lebih banyak terdapat sound card yang sifatnya integrated alias sudah tertanam chip nya pada motherboard.

 

Optical Disk Drive (Penggerak Cakram Optis)

Fungsi dari perangkat optical drive ini adalah sebagai perangkat baca dan juga tulis data dari komputer ke media eksternal seperti kepingan CD atau DVD.

Namun pada komputer modern, perangkat ini mulai ditinggalkan dan jarang ditemui pada rakitan PC terbaru dikarenakan berkembangnya teknologi USB flash disk yang memungkinkan proses membaca-tulis data ke media external dengan kapasitas lebih besar dan juga lebih cepat.

 

Display Monitor

MonitorDisebut juga screen atau display, Monitor berfungsi sebagai perangkat yang menampilkan hasil output komputer berupa tampilan visual, baik itu konten berupa graphical interface, video, gambar, maupun tulisan.

Jenis dari monitor ini bervariasi berdasarakan ukuran maupun teknologi yang digunakannya. Ada jenis monitor tabung atau CRT (Cathode Ray Tube), Liquid Crystal Display, Plasma Display Panel dan paling baru adalah layar dengan teknologi LED.

Keyboard

Keyboard atau papan kunci adalah perangkat input komputer yang paling utama. Terdiri dari tombol-tombol yang setiap tombol nya mewakili abjad, angka, simbol, ataupun fungsi tertentu.

Keyboard ini juga ada beragam macam seperti keyboard wireless (tanpa kabel) , keyboard biasa yang menggunakan kabel, maupun keyboard yang dirancang untuk fungsi-fungsi khusus seperti mechanical keyboard, gaming keyboard, dsb.

 

Mouse

Mouse atau dalam istilah bahasa indonesia yang bakunya disebut “tetikus” adalah sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi memasukkan input berupa gerakan kursor, klik, scroll pada tampilan antarmuka (interface) di layar monitor.

Pada awalnya , mouse dibuat menggunakan teknologi sensor bola untuk mendeteksi pergerakan, namun teknologi modern sekarang, sudah menggunakan teknologi cahaya (optical) untuk mendeteksi pergerakan nya.

 

Scanner

Scanner atau pemindai adalah sebuah perangkat keras input pada komputer yang berfungsi menginput data berupa hasil pindai (scan) dari sebuah dokumen. Bentuknya mirip dengan printer dan cara kerja nya mirip seperti mesin fotokopi yang lazim kita temui.

Hasil pindai dari scanner akan menjadi data digital yang kemudian bisa diolah di dalam komputer menggunakan aplikasi.

 

Printer

Seperti arti namanya, Printer adalah hardware yang berfungsi untuk mencetak data digital kedalam bentuk media fisik seperti kertas, plastik, dll sehingga data tersebut dapat dikonsumsi oleh user tanpa harus berada di depan komputer.

Jenis-jenis printer biasanya terbagi berdasarkan teknologi pencetakan yang digunakan, ada priniter dot matrix , printer inkjet biasa, printer laser, atau yang terbaru berupa printer tiga dimensi (3D).

 

Proyektor

Proyektor adalah perangkat output komputer yang fungsi nya menampilkan output visual dari komputer dengan cara di proyeksikan menggunakan elemen optik.

Umumnya proyektor digunakan agar output visual dapat ditampilkan secara proyeksi ke ukuran layar yang lebih besar.

 

Speaker

Fungsi dari perangkat speaker adalah untuk menyajikan output hasil komputasi komputer yang berupa signal audio / suara. Biasanya digunakan dengan setup stereo yang membuat hasil output suara menjadi lebih enak untuk didengar.

 

Uninterruptable Power Supply (UPS)

UPS adalah perangkat eksternal yang berfungsi sebagai cadangan (backup) yang menyimpan daya listrik. Ketika sumber arus listrik utama tiba-tiba padam, UPS akan menyalurkan arus listrik sementara dalam kurun waktu tertentu , agar komputer kita masih tetap nyala dan memberikan waktu kepada user untuk menyimpan semua pekerjaan yang sedang dilakukan.

Selain sebagai “baterai” cadangan, kebanyakan UPS modern juga sudah dilengkapi dengan fungsi “stabilizer” yang mengatur kestabilan tegangan aliran listrik agar sesuai dengan angka tegangan yang dibutuhkan.

 

Modem / Router

Router atau modem adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai penghubung dan pengatur dari sistem jaringan komputer dan juga sebagai penghubung dari komputer ke jaringan internet.

Pada router terbaru atau yang disediakan oleh provider internet, didalamnya juga biasa terdapat komponen WiFi yang memungkinkan perangkat lain terhubung menggunakan teknologi nirkabel.

 

USB Flash Disk

Perangkat flash disk ini fungsinya adalah sebagai media penyimpanan data portable yang bisa dibawa kemana-mana. Ukurannya yang kecil dan kemampuan kapasitas penyimpanannya yang besar membuat flash disk ini menjadi andalan penyimpanan data portable.

 

Web Camera (Webcam)

Webcam adalah sebuah perangkat keras berbasis optik yang fungsinya sebagai kamera yang meng-capture tampilan input visual melalui sensor optio nya. Pada komputer personal (PC) biasanya hadir sebagai perangkat tambahan eksternal , sedangkan pada laptop, biasanya sudah terintegrasi di body laptopnya.

Microphone (Mic)

Mic merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi meng-capture input signal audio dari external dan merekam nya untuk diolah sebagai data digital di komputer.

 

Heatsink Fan

Heatsink atau peredam panas adalah perangkat yang digunakan untuk meredam energi panas pada CPU/Processor, sehingga bisa menurukan temperatur pada CPU agar bisa bekerja dengan lebih efisien. Biasanya juga dilengkapi dengan kipas sehingga sering pula disebut sebagai Heatsink Fan (HSF).

 

Headset / Headphone

Headphone / headset merupakan perangkat keras komputer yang fungsinya sama dengan speaker, yaitu mengeluarkan signal audio untuk didengarkan oleh user.

Perbedaannya headset / headphone biasanya hanya digunakan untuk satu orang saja dengan dipasangkan melingkar di kepala dan menutupi kedua telinga.

 

Card Reader

Card reader atau pembaca kartu merupakan perangkat eksternal tambahan yang fungsinya adalah membaca data dari kartu memory seperti SD-Card, Micro-SD, dll agar bisa dibaca oleh sistem komputer.

 

Hub / Switch.

Perangkat hub ini berfungsi sebagai penghubung berbagai unit komputer / device dalam suatu jaringan komputer besar.

 

=====

Demikian penjelasan ringkas mengenai beberapa perangkat keras komputer dan fungsi-fungsi nya. Semoga bermanfaat.